Kesemutan Jangan Dianggap Enteng

Tanpa sadar, kita sering duduk melipat kaki dalam waktu lama. Ketika bangkit, kaki rasanya kebas. Perlahan, rasa itu hilang dan kita melupakannya. Padahal, kesemutan juga bisa jadi gejala penyakit berat, seperti yang dituturkan para ahli di sini.

Diabetes
dr Imran Nito, SpPD, spesialis penyakit dalam dari OMNI Hospital, Pulomas, Jakarta Timur.

Penyakit ini bisa mengganggu sistem saraf di tubuh, misalnya di daerah kaki dan tangan. Aliran darah yang tidak lancar pada penderita diabetes umumnya disebabkan penumpukan gula di pembuluh darah. Salah satu akibat yang ditimbulkan adalah kesemutan.

Anjuran: Atasi dengan mengontrol gula darah. Jaga agar kadarnya mendekati normal. Selain itu, jalankan pola hidup sehat. Inilah cara termurah untuk mengurangi risiko diabetes penyebab kesemutan. Rutin berolahraga, makan sehat, dan cek gula darah secara berkala. Hindari rokok, alkohol, dan gula berlebih.

Kerusakan saraf tepi

dr Irawati Hawari, SpS, spesialis saraf dari Mental Health Center Hawari & Associates, Jakarta.

Penyakit ini biasa terjadi juga pada pasien diabetes. Demikian juga orang berkadar kalsium rendah dan penderita multiple sclerosis (MS). MS adalah kelainan autoimun sehingga sistem imun menyerang jaringannya sendiri, membuat antaran impuls saraf terganggu.

Anjuran:
Langkah antisipasi harus disesuaikan dengan penyakit dasar penyebabnya. Lakukan pemeriksaan saraf seperti elektromiogram. Pemeriksaan lain adalah MRI atau magnetic resonance imaging untuk deteksi MS. Langkah pencegahan yang tepat untuk penyakit bergejala kesemutan adalah atur pola hidup sehat.

Urat saraf terjepit

Igor Kochekovich, DC, kiropraktor dari Advanced Chiropractic, Jakarta.

Salah posisi duduk dan berdiri atau karena kecelakaan yang menyebabkan saraf tulang belakang terjepit. Jika yang terjepit adalah saraf di area leher, maka kesemutan terjadi di tangan. Kalau terjadi di tulang punggung bawah, maka kesemutan timbul di kaki.

Anjuran: Jaga posisi duduk dan berdiri dengan benar. Misalnya, duduk tegak tetapi rileks. Saat berdiri, bagi beban dengan sama rata di antara kedua kaki. Selain itu, rajinlah melakukan olahraga peregangan (stretching) dan olahraga yang melatih keseimbangan. Contohnya yoga dan pilates.

Gerhana Bulan Sebagian dan Gerhana Matahari Cincin Di Awal Tahun 2010

Selamat tahun baru semuanya! Ya, tahun 2009 sudah diganti dengan tahun 2010. Walaupun Tahun Astronomi Internasional sudah berakhir, janganlah bersedih terlalu lama karena di awal tahun 2010 ini ada dua peristiwa astronomi yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Yang satu sudah terlewati, yang satu lagi belum. Mari kita bersiap untuk mengamatinya.
Peristiwa spektakuler pertama di tahun 2010 ini adalah Gerhana Bulan Sebagian (GBS), yang terjadi kurang dari 30 menit setelah pergantian tahun. Proses gerhana itu dimulai dengan masuknya Bulan ke penumbra Bumi pada pukul 00.17 WIB. Namun dengan mata telanjang, kita akan kesulitan melihat perbedaan kenampakan Bulan saat ini dengan sebelum gerhana terjadi. Kita baru bisa melihat pemandangan yang membuat kita menahan nafas ketika waktu menunjukkan pukul 01.53 WIB, yaitu saat Bulan mulai memasuki umbra Bumi. Bagian tepi Bulan akan perlahan menghitam sedikit demi sedikit hingga mencapai puncaknya pada pukul 02.24 WIB dan kembali seperti semula pada pukul 02.53 WIB. Proses GBS ini berakhir seluruhnya pada pukul 04.28 WIB. Kami berhasil melakukan pengamatan dan pemotretan saat itu dan di bawah ini adalah hasilnya.



Apabila saat itu Anda tidak sempat menyaksikan GBS, peristiwa gerhana berikut mungkin bisa Anda masukkan dalam jadwal sebagai salah satu peristiwa yang kami rekomendasikan untuk diamati. Peristiwa yang kami maksud adalah Gerhana Matahari Cincin (GMC) pada tanggal 15 Januari 2010. Namun dari Indonesia, yang bisa kita amati hanyalah Gerhana Matahari Sebagian (GMS) saja, karena tidak ada daerah di Indonesia yang dilalui oleh jalur totalitasnya, tidak seperti GMC 26 Januari 2009 yang lalu.

Daerah di Indonesia yang dapat menyaksikan gerhana nanti adalah seluruh Sumatra dan Kalimantan, bagian barat pulau Jawa, dan bagian utara pulau Sulawesi. Meskipun begitu, proses GMS akan bisa kita saksikan lebih baik apabila kita berada di wilayah barat Indonesia. Di sana gerhana akan berlangsung lebih lama dan piringan Matahari yang tertutup oleh Bulan juga lebih banyak dibandingkan dengan pengamatan di daerah timur.


Untuk pengamat yang berada di Banda Aceh, gerhana dimulai pada sekitar pukul 13.40 WIB dan berakhir pada pukul 16.40 WIB. Luas daerah piringan Matahari yang tertutupi Bulan mencapai 46% pada saat maksimumnya, yaitu pada sekitar pukul 15.20 WIB. Jumlah tersebut jauh lebih besar daripada hasil pengamatan di Manado yang hanya menutupi 0,3% daerah piringan Matahari saja. Di bawah ini adalah animasi kenampakan gerhana Matahari dari 4 kota di Indonesia. Untuk melihat animasi kenampakan gerhana dari daerah lainnya, silakan kunjungi situs eclipse.org.uk.


PERINGATAN.
Satu hal penting yang HARUS DIPERHATIKAN ketika mengamati Matahari adalah kita tidak boleh melihatnya secara langsung baik dengan mata telanjang ataupun dengan alat optik seperti kamera, binokular, ataupun teleskop. Melakukan hal tersebut dapat mengakibatkan KERUSAKAN MATA sementara ataupun permanen (KEBUTAAN). Amati Matahari dengan menggunakan filter yang aman, dan jangan melihatnya secara terus menerus. Amati paling lama 2 menit, kemudian berhenti dan baru amati lagi setelah 3 menit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan pada mata seandainya ada cacat pada filter yang kita gunakan. Baca juga halaman ini. Selamat melakukan pengamatan.

Gerhana Matahari Total

Apabila dulu Anda jatuh tertidur saat guru IPA Anda menerangkan peristiwa gerhana, kejadiannya seperti begini: Bulan berputar mengelilingi Bumi, sementara Bumi berputar mengelilingi Matahari dengan membawa Bulan. Pada pergerakan ini, ada saat-saat ketika Bulan berada dalam satu garis lurus di antara Bumi dan Matahari dan menghalangi cahaya Matahari yang jatuh ke Bumi. Peristiwa ini disebut Gerhana Matahari. Apabila Bulan persis berada di sisi gelap Bumi, ia dapat jatuh ke bayangan Bumi dan menghasilkan apa yang disebut Gerhana Bulan. Namun artikel ini akan membicarakan Gerhana Matahari.


Jarak Bumi menuju Matahari kurang lebih 400 kali jarak Bumi-Bulan, ukuran Matahari relatif terhadap Bulan juga memiliki perbandingan yang kurang lebih sama. Garis tengah Matahari kurang lebih 400 kali garis tengah Bulan. Dengan demikian, apabila dilihat dari Bumi, ukuran kedua benda langit tersebut berukuran hampir sama sehingga piringan Matahari dapat benar-benar tertutup oleh Bulan dan langit menjadi benar-benar gelap. Peristiwa ini disebut Gerhana Matahari Total. Pada gambar di atas, kita dapat melihat bahwa daerah di Bumi yang mengalami Gerhana Matahari Total adalah daerah bayangan Bulan yang disebut Umbra.

Apabila kita menonton bioskop dan orang yang duduk persis di depan kita menghalangi pandangan kita ke layar, dengan sedikit menggeser kepala kita ke kiri, kanan, atau sedikit mendongak ke atas maka kita dapat melihat layar tanpa terhalang kepala penonton di depan. Hal yang sama juga berlaku dengan gerhana matahari. Karena jarak Bumi-Bulan jauh lebih kecil daripada jarak Bumi-Matahari, maka pada prinsipnya kita dapat sedikit “mengintip” Matahari yang terhalangi Bulan dengan cara menggeser sedikit posisi kita. Pada gambar di atas, daerah yang ditandai dengan Penumbra adalah di mana kita dapat melihat sedikit porsi Matahari yang terhalangi Bulan. Daerah ini melihat apa yang dinamakan Gerhana Matahari Sebagian. Perbedaan penampakan antara Gerhana Matahari Sebagian dengan Gerhana Matahari Total dapat dilihat pada dua gambar di bawah ini.




Menurut perhitungan, kira-kira setiap tahun dapat terjadi 1 atau 2 kali Gerhana Matahari Total, namun tidak semua bagian Bumi yang mengalami siang hari dapat melihat Gerhana Matahari.

Saat gerhana, kita lihat bahwa daerah penumbra yang mengalami gerhana sebagian mencakup kurang lebih setengah bagian permukaan Bumi yang mengalami siang hari, sementara daerah umbra bahkan lebih kecil lagi! Selagi Bulan menutupi Matahari, ia juga bergerak mengelilingi Bumi. Oleh karena itu lokasi jatuhnya umbra terus berpindah membentuk suatu jalur di permukaan Bumi yang disebut jalur totalitas. Jalur ini sempit sekali dan hanya mencakup kurang dari 1% luas permukaan Bumi. Untuk dapat melihat Gerhana Matahari Total kita harus berada di dalam jalur totalitas ini. Dengan demikian hanya sebagian kecil saja warga Bumi yang memperoleh anugerah untuk dapat melihat Gerhana Matahari Total.



Mulainya gerhana matahari ditandai dengan kontak pertama, yaitu saat piringan Bulan pertama kali memasuki piringan Matahari (gambar paling kiri pada foto urut-urutan Gerhana Matahari), dan diakhiri dengan saat kontak terakhir yaitu saat piringan Bulan terakhir kali meninggalkan piringan Matahari (gambar paling kanan pada foto yang sama). Perjalanan Bulan menutupi Matahari ini berlangsung kira-kira 2 jam, namun saat paling dramatis adalah momen yang disebut totalitas, yaitu saat ketika Matahari benar-benar tertutup oleh Bulan dan langit yang awalnya siang menjadi gelap namun tidak segelap malam. Momen totalitas ini berlangsung sangat singkat yaitu hanya beberapa menit saja, namun merupakan salah satu momen paling menakjubkan yang dapat dilihat seorang anak manusia.

Usaha masyarakat kuno untuk menjelaskan peristiwa gerhana matahari tergambar dalam mitologi mereka. Masyarakat Cina kuno menggambarkan peristiwa ini sebagai naga langit yang hendak memakan matahari. Oleh karena itu, pada masa lalu masyarakat menabuh gong dan benda-benda keras lainnya untuk menakut-nakuti naga tersebut dan berhenti memakan Matahari. Tentu saja aksi ini selalu sukses dan naga tersebut melarikan diri dan matahari kembali bersinar. Bahkan di abad 19, angkatan laut Cina menembakkan meriam ke udara untuk mengusir naga tersebut.

Karena saya tidak pernah melihat Gerhana Matahari Total, untuk dapat menggambarkan perasaan saat melihat Gerhana Total, saya mengutip beberapa paragraf dari buku Totality: Eclipses of the Sun (Mark Littmann, Ken Willcox and Fred Espenak). Fred Espenak adalah astronom yang bekerja di Goddard Space Flight Center milik NASA dan terkenal melalui perhitungannya dalam memprediksi gerhana. Ia juga aktif memburu gerhana dan dikenal sebagai “Mr. Eclipse.”

Kecewa dengan Prestasi Timnas, Penonton Nekat Masuk Lapangan




Mengaku kecewa dengan penampilan tim nasional Indonesia saat menjamu Oman di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (6/1/2010), dalam kualifikasi Piala Asia 2011, Hendri Mulyadi berbuat nekat. Penonton yang juga suporter timnas Indonesia ini memanjat pagar pembatas dari Sektor 23 dan berlari mengejar bola yang sedang dimainkan oleh pemain kedua tim yang bertanding.

Kontan saja, perhatian puluhan ribu pasang mata di dalam stadion dan jutaan pemirsa televisi baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di Oman yang sedang menyaksikan pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh RCTI itu tertuju kepada sosok pemuda lulusan SMAN 1 Bekasi, warga Kampung Serang RT 002 RW 001 Serang, Cikarang Selatan, Bekasi, itu.

Eji, begitu Hendri Mulyadi disapa, masuk ke lapangan ketika pertandingan memasuki injury time dan tersisa empat menit. Dengan sekuat tenaga ia mengejar bola yang sedang dalam permainan. Meskipun sempat dicegat oleh Boaz Salossa, Eji tetap mengejar bola yang berada di tepi lapangan dan terus memburu si kulit bundar serta men-drible-nya bak seorang pemain sepak bola profesional ke arah penjaga gawang Oman, Ali Al Habsi.

Aksi Eji sempat mendapat tepukan dari penonton. Sayang, dia gagal menceploskan bola ke gawang Al Habsi yang dengan cekatan menangkap tendangan Eji.

Seusai menendang bola, Eji langsung ditangkap oleh puluhan petugas polisi yang bertugas di tepi lapangan. Ia dibawa ke pos penjagaan dan diinterogasi petugas polisi.

"Saya minta maaf atas ulah saya ini kepada masyarakat sepak bola di Tanah Air. Saya kecewa atas prestasi timnas Indonesia yang tidak pernah menang, selalu kalah bahkan selalu seri," tuturnya penuh penyesalan di ruang interogasi yang ada di seputar Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Di tengah interogasi yang disaksikan oleh puluhan petugas polisi, Eji yang kelahiran tahun 1989 ini sempat ditanyai beberapa pertanyaan oleh beberapa petugas polisi.

"Hei Eji, mengapa tadi tidak berhasil mengegolkan bola ke gawang Oman, coba tadi kalau kamu memasukkan bola, tentu Indonesia tidak kalah, seri jadi 2-2," begitu celotehan beberapa petugas polisi yang mengganggu dirinya.

Eji sendiri saat ditanya Persda Network apakah dirinya tidak kecewa dikatakan "gila" atau kurang waras akibat tingkah lakunya itu, ia hanya menggeleng. "Biar saja masyarakat yang menilai, saya pasrah, saya hanya kecewa dengan prestasi timnas Indonesia yang selalu kalah, kalau tidak kalah bermain imbang," tuturnya.

Sementara itu, seorang petugas polisi yang mencatat alamat Eji, Aipda Slamet Raharjo, mengatakan, Eji akan dibawa ke Polsek Tanah Abang untuk di-BAP. "Saya rasa ia terkena pasal mengganggu ketertiban umum, untuk itu ia akan dibawa ke Polsek segera," jelasnya.

Indonesia Vs Oman = Kalah , Indonesia Gagal ke Piala Asia 2011








Pupuslah harapan Indonesia untuk tampil di Piala Asia Qatar 2011. Kekalahan 1-2 dari Oman dalam lanjutan kualifikasi Grup B turnamen empat tahunan ini, Rabu (6/1/2010) di Gelora Bung Karno, menutup pintu bagi tim Garuda untuk ambil bagian.

Sebenarnya, Indonesia masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Australia pada 3 Maret mendatang di Suncorp Stadium. Namun, kekalahan ini memastikan pasukan Merah Putih tersingkir karena tak mungkin lagi menggeser dua tim teratas, dan ini untuk pertama kalinya Indonesia absen setelah pada empat kali berturut-turut selalu ikut.

Kekalahan ini juga membuat Indonesia semakin tenggelam di dasar klasemen sementara karena baru mengumpulkan tiga poin dari lima pertandingan yang sudah dilakoni. Mereka terpaut empat angka dari Kuwait dan Australia yang berada di atas.

Sedangkan bagi Oman, tambahan tiga poin ini memiliki arti yang sangat penting. Pasalnya, tim besutan Pelatih Claude Le Roy ini menguak harapan untuk lolos karena sudah mengantongi tujuh poin. Kini, mereka tinggal bertarung all out pada partai pamungkas nanti ketika menjamu Kuwait di Sultan Qaboos Sports Complex pada 3 Maret.

Oman lebih dulu membuka keunggulan pada menit ke-31 lewat gol Fawzi Basheer, sebelum Boaz Salossa menyamakannya menjadi 1-1 menjelang turun minum. Namun di babak kedua, Oman memastikan kemenangannya lewat gol Ismail Sulaiman pada menit ke-52.

Jalannya pertandingan

Bermain dengan tuntutan harus menang, Pelatih Benny Dollo (Bendol) menurunkan formasi 4-3-3. Tiga striker, Budi Sudarsono, Bambang Pamungkas, dan Boaz Salossa diturunkan sebagai starter. Harapannya, triple B ini bisa menggedor pertahanan Oman.

Namun di 10 pertama, belum ada tanda-tanda Indonesia bakal menjebol gawang Oman. Bahkan, pasukan Garuda ini tak pernah membahayakan gawang lawan yang dikawal Al Habsi, penjaga gawang Bolton Wanderers.

Malah sebaliknya, Oman yang bermain dengan irama sedang, bisa menekan pertahanan Indonesia. Umpan-umpan silang yang tampaknya menjadi strategi Pelatih Claude Le Roy, memaksa Nova Ariyanto dan Charis Yulianto bekerja keras untuk menghalaunya.

Pada menit ke-15, Oman membuat para suporter Indonesia terhenyak. Dari sisi kiri pertahanan Indonesia, Al Mukhaini melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya dari luar kotak penalti, yang memaksa Markus Horison berjibaku untuk menghalau bola keluar sehingga melahirkan tendangan pojok.

Ini rupanya menjadi momen kebangkitan Oman sehingga mereka mulai mendominasi jalannya pertandingan. Tak lama berselang, striker Qasim Said Sanjoor melakukan penetrasi dari sisi kiri dan mampu menembus kotak penalti. Beruntung, Markus mampu mengantisipasi tendangan keras kaki kanan Qasim sehingga dengan sempurna bisa menangkap si kulit bundar.

Situasi ini membuat kubu Indonesia semakin terdesak. Tak heran jika Bambang dan Boaz terpaksa harus turun sampai ke lini belakang untuk membantu pertahanan. Dan, Oman pun dengan leluasa memainkan bola dari kaki ke kaki dan menguasi lini tengah.

Menit 31, Oman mampu mengoyak jala Indonesia. Namun, keberuntungan masih menaungi Indonesia karena wasit menyatakan gol itu tidak sah karena tendangan bebas dilakukan sebelum dia (wasit) bunyikan peluit.

Tendangan harus diulang. Ternyata, Oman kembali mengoyak jala Markus lewat sundulan Basheer. Pemain ini memanfaatkan keunggulan tinggi badannya karena meskipun mendapat kawalan, dia dengan mudah menyambut umpan yang dilepas rekannya ke dalam kotak penalti. 1-0 untuk tim tamu.

Melihat permainan timnya tak berkembang, Bendol melakukan perubahan. Pada menit ke-36, dia menarik keluar Budi dan memasukkan striker Persija Jakarta, Abdul Musafry.

Kehadiran striker Persija Jakarta ini mengubah warna permainan Indonesia yang mulai tampil lebih agresif. Hal ini membuat barisan belakang Oman mulai bekerja keras untuk mengadang laju tiga striker tuan rumah.

Dan, pada menit ke-42 Indonesia mendapat peluang pertama ketika Bambang menyundul bola umpan tendangan pojok Firman Utina. Sayang, usaha Bambang itu mampu diredam Al Habsi yang dengan sempurna menangkap bola yang melaju kencang itu.

Momen ini menjadi kebangkitan Indonesia karena mereka mulai mendominasi pertandingan. Hasilnya diraih pada menit ke-45, ketika Boaz mengoyak jala Al Habsi.

Striker Persipura Jayapura ini berhasil memenangkan duel dengan pemain belakang Oman. Dengan ketenangannya, Boaz mampu memperdaya Al Habsi karena bola tendangan kaki kanannya melesak ke dalam gawang setelah sempat membentur pemain belakang yang berusaha menahan si kulit bundar.

Babak pertama berakhir 1-1.

Di awal babak kedua, Charis melakukan blunder. Alih-alih ingin melewati Al Housni Hassan, kapten Indonesia ini justru kehilangan bola karena mampu direbut pemain bernomor punggung 14 tersebut. Beruntung, tendangan Hassan dari luar kotak penalti masih melebar di sisi kiri gawang Markus.

Oman kembali memegang kendali permainan. Permainan bola dari kaki ke kaki membuat para pemain Indonesia kesulitan untuk membendung, dan puncaknya terjadi pada menit ke-52, ketika Charis dan Isnan Ali tak mampu mengadang pergerakan Sulaiman yang membuat Oman unggul 2-1.

Kurangnya komunikasi di antara dua pemain belakang Indonesia ini memudahkan Sulaiman mengeksekusi bola untuk memperdaya Markus. Isnan hanya menendang angin ketika bermaksud menghalau bola keluar sehingga si kulit bundar tetap dalam penguasaan Sulaiman yang dengan mudah melepaskan tendangan keras dengan kaki kanannya dan bola bersarang di kanan atas gawang Indonesia.

Keunggulan tersebut semakin meningkatkan kepercayaan diri para pemain Oman. Mereka terus mengurung pertahanan Indonesia memainkan bola di depan kotak penalti sehingga tak memberikan kesempatan kepada pasukan tuan rumah untuk keluar menyerang karena harus konsentrasi bertahan.

Menit ke-69, Oman nyaris menambah keunggulan ketika mereka mulai membangun serangan dari sayap kanan. Namun, sundulan Hassan menyambut umpan silang Bait Doorbeen masih di atas mistar gawang Markus.

Gelombang serangan Oman terus menghantam pertahanan Indonesia. Pada menit ke-77, mereka kembali mengancam gawang Markus, lagi-lagi lewat Hassan yang lolos dari jebakan offside. Namun, bola hasil eksekusi kaki kanan Hassan masih tipis di atas mistar gawang.

Meskipun terus mendapat tekanan, Indonesia masih bisa keluar menyerang, yang terjadi pada menit ke-79. Sayang, tendangan Boaz yang lebih dulu melakukan solo run masih membentur kaki bek sehingga hanya melahirkan tendangan pojok.

Saat injury time, tercipta pemandangan yang cukup mengejutkan. Seorang suporter Indonesia masuk ke dalam lapangan. Puluhan polisi terpaksa mengejar untuk meringkus laki-laki yang mengenakan kostum merah tersebut.

Sampai peluit panjang berbunyi, Bambang dan kawan-kawan tak mampu mencetak gol balasan. Indonesia kalah 1-2.

Hal ini menjadi tamparan keras bagi persepakbolaan Indonesia karena kembali gagal total. Sebelumnya, pasukan muda Indonesia (U-23) juga tak berdaya di SEA Games XXV Laos karena menjadi juru kunci dan tak pernah meraih kemenangan di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Internazionale Milano ( My Favorit Club )


Inter Milan berdiri pada 9 Maret 1908 dan namanya merupakan pecahan dari "Klub Kriket dan Sepak Bola Milan" (Milan Criket and Football). Sempat mengganti namanya menjadi Ambrosiana-Inter. Trophy pertama Inter Milan diperoleh di tahun 1910 dan Inter pertama kali memenangkan Copa Italia (Piala Italia) di tahun 1940.

DATA

Nama lengkap : Football Club Internazionale Milano
Nama julukan : Nerazzurri
Berdiri : 1908
Stadion : San Siro, Milan-Italia, kapasitas 85,700
Kostum : Biru-Hitam (Kandang), Putih-Putih (Tandang)
Presiden : Massimo Moratti
Pelatih : José Mourinho


PEMAIN MUSIM 2009-2010

Kiper:
1 Francesco Toldo
12 Julio Cesar
21 Paolo Orlandoni
51 Vid Belec

Bek:
2 Ivan Cordoba
4 Javier Zanetti (captain)
6 Lucio
13 Maicon
23 Marco Materazzi
25 Walter Samuel
26 Cristian Chivu
39 Davide Santon

Gelandang:
5 Dejan Stankovic
7 Ricardo Quaresma
8 Thiago Motta
10 Wesley Sneijder
11 Sulley Muntari
14 Patrick Vieira
15 Rene Krhin
19 Esteban Cambiasso
20 Joel Chukwuma Obi
30 Mancini

Penyerang:
9 Samuel Eto'o
18 David Suazo
22 Diego Milito
45 Mario Balotelli
89 Marko Arnautovic

PRESTASI

Juara Serie A (17 kali): 1909–10; 1919–20; 1929–30; 1937–38; 1939–40; 1952–53; 1953–54; 1962–63; 1964–65; 1965–66; 1970–71; 1979–80; 1988–89; 2005–06; 2006–07; 2007-08; 2008-2009.

Juara Coppa Italia (5 kali): 1938–39; 1977–78; 1981–82; 2004–05; 2005–06

Supercoppa Italiana (4 kali): 1989; 2005; 2006; 2008

UEFA Champions League (2 kali): 1963–64; 1964–65

Piala UEFA (3 kali): 1990–91; 1993–94; 1997–98

Intercontinental Cup (2 kali): 1964; 1965

Teknik Membobol Sebuah Server

Bobol Server ===================================================================================
Artikel ini tidak akan berbicara mengenai teknik membobol sebuah server tapi dibuat untuk Anda yang ingin menambah wawasan dan berdiskusi tentang tingkat resiko keamanan sebuah komputer.

Tidak ada maksud lain bagi saya, kecuali membagi sedikit pengetahuan yang saya punya kepada orang lain.

Jika diamati berita seputar keamanan internet, maka banyak sekali informasi tentang bug/hole ataupun exploit yang beredar di Internet. Semuanya hadir dengan informasi yang cukup detail dan membuat SysAdmin harus terus berlomba dengan para Cracker/Hacker dalam mengamankan server yang dikelola.

Jika diamati banyak sekali cara yang dilakukan oleh cracker untuk masuk ke sebuah komputer. Cara yang tercepat dan paling mudah serta yang dulu paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan exploit yang sudah tersedia di internet. Instant sekali. Kita cukup cari target, scanning, compile exploit, execute exploit dan hapalkan dasar-dasar perintah OS yang digunakan, so anda sudah memiliki server tersebut.

Secara garis besar exploit yang dipergunakan oleh cracker untuk masuk ke sebuah server dapat dibagi dalam dua bagian yaitu :

1. Lokal Exploit
Yang dimaksud dengan lokal exploit adalah exploit yang hanya dapat diexecute pada komputer itu sendiri. Artinya exploit ini tidak dapat diexecute dari komputer pribadi untuk memasuki komputer lain. Biasanya lokal exploit diexecute dan akan bisa menguasai sistem dengan memanfaatkan kelemahan yang ada pada sistem operasi ataupun pada aplikasi yang dijalankan oleh server.

2. Remote Exploit
Remote exploit adalah exploit yang dapat diexecute dari jarak jauh. Artinya dengan menggunakan exploit ini, maka anda dapat masuk ke komputer lain melalui komputer pribadi dengan memanfaatkan kelemahan aplikasi yang berjalan di komputer lain tersebut. Bagi sebagian orang lebih menyenangkan untuk menggunakan remote exploit daripada lokal exploit karena biasanya remote exploit juga bisa menjadi lokal exploit dan tidak berlaku sebaliknya.

Terlepas dari itu semua, sebenarnya ada resiko keamanan yang tetap dimiliki sebuah komputer ketika telah berisikan Sistem Operasi beserta aplikasi yang digunakan. Sebagai contoh, ketika kita telah menginstall sebuah server dengan Sistem Operasi Linux Redhat 7.0 dengan berbagai aplikasi misalkan apache web server, database mysql dan php. Maka Anda sebagai SysAdmin secara 'sadar' telah membuka diri (komputer server) kepada orang orang lain agar dapat berkomunikasi dengannya. Ada satu pameo yang saya ingat, bahwa tidak ada satupun komputer yang aman ketika sudah terkoneksi dengan sebuah jaringan. Apalagi jika jaringannya adalah internet!. Dan ini juga berlaku untuk server yang telah kita koneksikan ke internet.

Dari contoh di atas, ada beberapa hal yang menjadi catatan penting bagi saya dan (mungkin) ini akan menjadi pedoman penting bagi SysAdmin untuk tahu tingkat resiko keamanan pada server yang ia kelola. Misalkan saja informasi server yang dikelola seperti tercantum di bawah ini :

1. Sistem Operasi yang digunakan adalah Redhat Linux 7.0
2. Aplikasi Web Server yang digunakan adalah Apache Web Server (Misalkan saja versi 1.3.20)
3. Database Mysql versi 3.2.23
4. PHP Engine versi 4.1.x
5. Aplikasi web base yang menggunakan PHP dan MySQL.

Jika digambarkan dalam bentuk diagram pohon kurang lebihnya adalah sebagai berikut :


    + Sistem Operasi [Level 1] :
        + Apache [Level 2]
            + Engine PHP [Level 3]
                + Aplikasi Web Based/Scripting PHP [Level 4]
        + MySQL [Level 2]


Dari informasi spesifikasi diatas maka dapat diketahui tingkat keamanan komputer tersebut :

1. Keamanan pada Sistem Operasi (Versi Kernel yang digunakan) -Tingkat Keamanan Level 1-
Jantung dari sistem operasi linux adalah kernel. Kesalahan pemrograman yang terjadi pada kernel akan berakibat fatal dengan tidak berjalannya sistem secara maksimal. Untuk hal ini coba cari tahu kernel yang digunakan versi berapa dan apakah memiliki bug/hole?. Jika memang terbukti memiliki bug/hole, maka sebaiknya secepatnya di upgrade dengan versi yang lebih tinggi. Biasanya pada level ini lokal exploit yang paling sering berperan untuk mendapatkan akses ke sebuah sistem, walaupun tidak menutup kemungkinan bagi remote exploit untuk mendapatkannya.

2. Keamanan pada Aplikasi Web Server (Versi Apache yang digunakan) -Tingkat Keamanan Level 2-
Apache adalah salah satu aplikasi web server yang banyak digunakan di dunia. Pada level ini yang harus anda perhatikan adalah versi apache yang digunakan. Jika memang terbukti versi ini memiliki bug/hole, segeralah upgrade apache yang anda miliki.
Sesuaikan lagi konfigurasi apache dengan keinginan anda. Matikan module-module apache yang memang tidak digunakan. Ganti username dan group aplikasi ini ke user yang tidak memiliki akses shell seperti nobody. Jangan pasrahkan konfigurasi apache dengan konfigurasi default dari proses instalasi. Pada level ini exploit yang paling sering dipergunakan adalah remote exploit, karena pada level ini aplikasi apache terbuka pada port 80, sehingga ada kemungkinan untuk dibobol/disusupi dari jarak jauh.

3. Keamanan pada Aplikasi MySQL (versi MySQL yang digunakan) -Tingkat Keamanan Level 2-
MySQL adalah salah satu database SQL yang cukup populer dan banyak dipergunakan di internet. Integrasinya yang simple, clean and fast dengan PHP membuktikan salah satu kelebihan PHP untuk menguasai pasar aplikasi berbasis web based. Tidak berbeda jauh dengan Apache dan PHP, maka hal terpenting yang harus dilihat disini adalah versi MySQL yang anda gunakan. Pastikan bahwa pada versi ini tidak memiliki bug/hole. Hal lainnya yang perlu menjadi perhatian adalah segera merubah password default administrator database MySQL. Default instalasi MySQL memberikan hak akses kepada user root dengan priveleges penuh dan tanpa password!. Bayangkan jika anda lalai untuk merubahnya?
Jika database ini terkoneksi dengan internet/web, buatlah user MySQL dengan priveleges yang berbeda dengan priveleges administrator (don't ask me how to do this, please ask to uncle google :)). Database MySQL membuka port 3306. Sehingga ada kemungkinan untuk di exploitasi dengan menggunakan remote exploit ataupun lokal exploit.

Secara umum pada level 2 yang harus diperhatikan bahwa semua exploit yang beredar di internet sangat banyak sekali yang memanfaatkan bug/hole pada level aplikasi. Anda dapat mengikuti berita keamanan aplikasi yang anda gunakan melalui situs-situs resmi aplikasi tersebut. Disini dibutuhkan kecermatan dan kecepatan anda dalam mengikuti informasi tentang keamanan internet. Jangan pernah lupa untuk mengupgrade, jika memang situs resmi aplikasi tersebut menyarankannya. Jadi pada level ini salah satu cara untuk menghindari berperang dengan cracker adalah dengan selalu mengikuti berita/news untuk aplikasi yang anda jalankan. Lengah sedikit, bisa jadi server anda yang menjadi target :-).

4. Keamanan pada Aplikasi PHP (Versi PHP yang digunakan) -Tingkat Keamanan Level 3-
PHP adalah sebuah bahasa pemrograman yang saat ini banyak sekali dipergunakan di internet. banyak sekali situs komersial yang menggunakan PHP agar situsnya terlihat dinamis dan lebih interaktif. Namun pada level 2, PHP yang dibicarakan disini bukan pada kode pemrograman (scripting) yang telah dilakukan, namun pada engine PHP yang digunakan. Sama seperti pada apache di level ini harus diperhatikan apakah versi php yang digunakan memiliki bug/hole. Jika memang terbukti segeralah uprade versi php tersebut. Selain itu jangan serahkan konfigurasi php pada hasil default instalasi. Rubahlah beberapa variabelnya sesuai dengan keinginan anda. Beberapa hal yang terpenting pada konfigurasi php antara lain adalah SAFE_MODE dan REGISTER_GLOBAL. Cobalah bertanya lebih lanjut tentang konfigurasi PHP pada paman google :-). AFAIK, engine PHP tidak dapat diexploitasi dengan remote exploit karena engine PHP tidak pernah membuka diri pada port tertentu. Jadi kalaupun ingin mengexploitasi engine!
PHP hanya dapat menggunakan lokal exploit. CMIIW.

5. Keamanan pada Aplikasi Web Based yang berjalan -Tingkat Keamanan Level 4-
Membangun sebuah aplikasi yang berbasis web adalah hal yang menyenangkan. Bagaimana tidak?, dengan membangun aplikasi berbasis web, maka aplikasi tersebut akan berjalan pada berbagai platform sistem operasi, selain itu untuk pengembangan lebih lanjut juga akan mudah sekali. Namun dibalik itu semua, ternyata aplikasi berbasis web juga menyimpan sebuah bahaya yang sangat besar bagi keamanan komputer. Tercatat pada memori saya beberapa hal yang dapat dilakukan hanya karena kesalahan scripting aplikasi web based, antara lain :

1. Mengupload file seperti eggdrop, psybnc, dll.
2. Mendownload backdoor seperti bindtty, yang berakibat cracker akan memiliki akses shell dan selanjutnya tinggal mencari lokal exploit.
3. Mengacak-acak database MySQL
4. Mengintip nama-nama user yang berada pada /etc/passwd
5. Mendefaced website

Sehebat apapun proteksi sebuah sistem tidak dapat menutupi kelemahan yang ada pada aplikasi web based. Salah satu contoh konkret yang terlihat sampai dengan saat ini adalah bobolnya Situs KPU karena bug/hole SQL Injection. Dani Firman Syah a.k.a xnuxer berhasil dengan baik memanfaatkan kesalahan scripting yang dilakukan oleh Tim IT KPU, sehingga dia berhasil merubah nama-nama partai yang ada dalam database.

Kelemahan web based biasanya bisa terjadi karena :

a. Kurang mampu dalam menganalis algoritma pemrograman web based.
b. Penggunaan fungsi-fungsi pemrograman web based yang tidak sesuai dengan tempatnya.
c. Ketidakhati-hatian dalam menggunakan CMS yang sudah jadi seperti Php-Nuke, Post-Nuke, Mambo, dll.
d. Tidak adanya perbedaan method POST dan GET pada aplikasi web based yang digunakan
e. Masih banyak lagi yang lain :)

Saran saya untuk level ini (jika anda membuat sendiri aplikasi web based). Coba dan cobalah terus berlatih untuk membuat sebuah algoritma pemrograman web yang 'bersih', 'rapi', 'teratur' dan sesuai dengan fungsinya. Jangan pernah merasa bahwa aplikasi yang anda buat adalah aplikasi yang handal dan tidak bisa ditembus orang lain. Kalau perlu mintalah tolong kepada orang lain untuk mengecek algoritma pemrograman anda dan mengetest kode pemrograman anda. Jangan publish aplikasi web based tersebut jika anda belum yakin dengan algoritma yang telah anda susun.

Jika menggunakan CMS yang sudah jadi, cobalah ikuti berita bug/hole yang dimilikinya. Sampai dengan saat ini seperti Php-Nuke sudah sering sekali memiliki kelemahan pada bug/hole SQL injection. Kelemahan yang ada pada Php-Nuke ini dimanfaatkan beberapa gelintir orang untuk membuat remote exploitnya yang berbasis pada pemrograman perl ataupun php. Untuk hal ini saya cuma bisa menyarankan jangan pernah anda lengah dengan menggunakan versi CMS yang ternyata memiliki bug/hole :).

Untuk lebih tahu detail tentang bahayanya aplikasi web based dengan menggunakan PHP, silahkan buka arsip diskusi milis jasakom-perjuangan@yahoogroups.com beberapa bulan yang lalu, disitu dibahas tentang bahayanya beberapa hal seperti GET, POST, INCLUDE, REFERRER (based on PHP), atau kalau belum puas silahkan cari tutorial di google untuk membuat aplikasi web based yang 'bersih'.

Sekian Dulu yach artikelnya...

NB : artikel ini ditulis dengan asumsi sistem operasi linux, namun tidak menutup kemungkinan juga berlaku untuk sistem operasi lainnya.
 

10 Tips Membina Persahabatan

1. Pikirkanlah apa yang dapat kamu berikan kepada sahabatmu bukan apa yang dapat kamu peroleh dari persahabatan. Jangan bersahabat hanya demi memperoleh kesenangan, karena jika demikian, kamu bukanlah sahabat sejati.
Hargailah sahabatmu seperti kamu ingin dihargai

2. Dukunglah sahabatmu. Sahabat sejati selalu saling menyemangati dan 'mendorong'supaya mereka bersama-sama dapat menjadi yang terbaik bukannya saling menjatuhkan. Ia turut berbahagia ketika sahabatnya berhasil mencapai apa yang diinginkannya dan tidak merasa tersaingi.

3. Bersedia untuk memaafkan Jangan biarkan 'luka' berkembang menjadi kepahitan karena hal ini akan menghancurkan persahabatan yang ada. Maafkan kesalahan yang diperbuat oleh sahabatmu dan jangan biarkan luka itu merusak hubungan.

4. Jangan memandang kesalahan yang dibuatnya Ini adalah suatu cara untuk menunjukkan betapa kita peduli terhadap dia. Jangan tinggalkan sahabatmu saat dia berbuat kesalahan. Bersabarlah dan tuntunlah dia untuk berubah.
Sadarilah bahwa tidak ada orang yang sempurna.

5. Jadilah sahabat yang dapat diandalkan dan tepatilah janji yang telah kamu ucapkan.

6. Jangan mencoba untuk mengontrol sahabatmu. Bersahabat bukan berarti harus selalu bersama-sama . Memang akan sangat menyenangkan bila dapat selalu bersama dengan orang yang kita kasihi. Namun ingat, sahabat kita itu bukan monopoli kita sendiri karena ia juga mempunyai teman lain selain kita. Untuk itu jangan merasa dikhianati ketika temanmu bergaul dengan yang lain, sebaliknya usahakan kamu juga dapat berteman dengan mereka. Hal ini akan membuat kita dan sahabat kita lebih menghargai satu sama lain.

7. Selalu ada disaat senang maupun susah Bergembiralah bersama mereka saat mereka sedang bergembira namun jangan ada hanya pada saat senang saja.
Ketika sahabatmu sedang kesal akan sesuatu, berikan mereka perhatian. Yang paling dibutuhkan dari seorang sahabat adal ah sepasang telinga yang simpatik dan yang mau me mahami perasaan mereka.

8. Menerima apa adanya sahabatmu Jangan menuntut sahabat kita untuk bereaksi dengan cara yang sama seperti yang biasa kita lakukan. Hargailah dia apa adanya termasuk juga keputusan yang dia ambil yang mungkin tidak sesuai dengan kehendak kita.

9. Jangan jadi 'Ember' (mulut bocor). Belajarlah untuk menjaga rahasia sahabatmu.

10. Jangan biarkan perbedaan pendapat menghancurkan persahabatanmu.
Misalkan kamu sedang berdiskusi dengan sahabatmu dan waktu kamu mengemukakan pendapat yang menurut kamu benar ternyata ia tidak setuju.
Bila itu terjadi, jangan terus berdebat yang hanya akan membuat kamu dongkol. Lepaskan hasrat untuk menang sendiri daripada persahabatanmu rusak karenanya.

**

Senangnya Dapat Award Lagi


Senang Nya dapet Award Lagi... Award ini merupakan Award yang ke-3 yang saya Terima. Makasih Buat Coretanku
yang telah baik hati memberi award ini.

Ngomong2 ini adalah award yang ber-backlink loh dan bagi sobat-sobat yang mendapatkan award ini secara otomatis bakal mendapatkan backlink dalam waktu singkat. Nah ada peraturan lagi nih.. kita harus mebagikan award ini ke 10 sobat blogger lainnyaa..

Yaudah ,Award ini akan saya bagikan kepada sahabat blogger yang beruntung di bawah ini...cool :

1.hasnanifisika08
2.pirate-ware
3.ely-anak-merana
4.topfiq-areef
5.mataramdbs
6.sharingyuk
7.kiwolblog
8.rekor
9.apitspark
10.ynrishaq


Bagi sobat yang dapat award diharuskan membagi juga kepada 10 temannya. Dan selanjutnya si penerima award harus meletakan link-lnik diblog sobat yang ada dibawah ini

1.bloggerkuningan
2.haritsthinkso
3.bojongartgallery
4.huyuh
5.dyvnaangel
6.icalcell
7.firmanthok
8.abankaldien
9.coretanku
1oantomeonkz

Nah ni aturannya:

Sebelum kamu meletakkan link di atas, kamu harus menghapus peserta nomor 1 dari daftar. Sehingga semua peserta naik 1 level. Yang tadi nomor 2 jadi nomor 1, nomor 3 jadi 2, dst. Kemudian masukkan link kamu sendiri di bagian paling bawah (nomor 10). Tapi ingat ya, kalian semua harus fair dalam menjalankannya. Jika tiap penerima award mampu memberikan award ini kepada 5 orang saja dan mereka semua mengerjakannya , maka jumlah backlink yang akan didapat adalah 1.953.125. Nah, silahkan copy paste saja, dan hilangkan peserta nomor 1 lalu tambahkan link blog/website kamu di posisi 10. Ingat, kamu harus mulai dari posisi 10 agar hasilnya maksimal. Karena jika kamu tiba2 di posisi 1, maka link kamu akan hilang begitu ada yang masuk ke posisi 10.”

Ketika posisi kamu 10, jumlah backlink = 1
Posisi 9, jml backlink = 5
Posisi 8, jml backlink = 25
Posisi 7, jml backlink = 125
Posisi 6, jml backlink = 625
Posisi 5, jml backlink = 3,125
Posisi 4, jml backlink = 15,625
Posisi 3, jml backlink = 78,125
Posisi 2, jml backlink = 390,625
Posisi 1, jml backlink = 1,953,125

Dan semuanya menggunakan kata kunci yang kamu inginkan. Dari sisi SEO kamu sudah mendapatkan 1,953,125 backlink dan efek sampingnya jika pengunjung web para downline kamu mengklik link itu, kamu juga mendapatkan traffik tambahan.


Silahkan diambil Awardnya yaaa... *Wajib malah*laughing
Jangan luppa bagii2 buat 10 temen lainnya dan ikuti aturan mainnya award inii... dancing

Yang Udah Ngambil Kasih Coment YAh...!! Piss To ALL...

iklan

mau pinter membuat blog atau website? klik saja di sini mau software murah tapi sangat berguna? klik saja di sini
mau software murah tapi sangat berguna? klik saja di sini mau pinter membuat blog atau website? klik saja di sini
 

Top Visitor

Site Info

Toy Blogs - Blog Catalog Blog Directory TopOfBlogs Google bot last visit powered by Gbotvisit.com Powered by Mysiterank